Pernikahan merupakan suatu hal yang dinanti-nanti hampir semua orang. Semua calon pengantin pasti mempersiapkan dengan maksimal agar di hari bahagianya berjalan sesuai dengan apa yang diidam-idamkan. Salah satu suksesnya sebuah acara pernikahan adalah dengan didukung oleh vendor-vendor yang dipilih sesuai dengan bidangnya. Ada dekorasi, fotografi, videografi, makeup, baju pengantin, catering, dan lain sebagainya.

Banyaknya pilihan vendor pernikahan yang ada, pasti sangat membingungkan calon pengantin. Salah satu vendor penting adalah dekorasi. Ada beberapa tips yang wajib kalian tahu, agar tidak salah memilih vendor dekorasi yang kalian inginkan.

  1. Menentukan tema pernikahan

Sebelum memilih vendor, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema pernikahan. Carilah referensi tema yang sesuai dengan karakter kamu dan pasangan. Banyak sekali tema yang bisa kamu pilih mulai dari tema modern, tradisional, rustic, garden party, dan lain sebagainya.

Di masa pandemi sekarang ini, banyak calon pengantin memilih ‘Intimate Wedding’ dengan konsep outdoor yang minim undangan demi menjaga sakralnya pernikahan. Selain itu juga karena ingin menaati protokol kesehatan yang dibuat agar acara tetap berlangsung.

  1. Kunjungi pameran pernikahan

Pemeran pernikahan biasanya sering diadakan tiap tahunnya. Ada banyak sekali vendor yang bisa kamu temukan didalam satu tempat. Kamu bisa membandingkan vendor-vendor tersebut dari portofolio dan testimoni mereka, kamu juga bisa menemukan inspirasi tema baru dengan mengunjungi pameran tersebut.

Ajak pasangan kamu datang ke pameran pernikahan untuk berdiskusi dengan beberapa vendor yang sekiranya sesuai dengan tema kamu. Nah, keuntungan lain dengan datang ke pameran adalah kamu bisa mendapat banyak potongan harga yang menarik untuk dipikirkan matang-matang.

  1. Cek portofolio dan testimoni

Selain mengunjungi pameran pernikahan, kamu juga harus cek portofolio dan testimoni dari vendor dekorasi yang ingin kamu pilih. Semua vendor dekorasi yang terpercaya memiliki dokumentasi yang baik tentang portofolio pemasangannya. Dari sana, kamu bisa memilih jenis dekorasi, model standar jalan, layout yang tepat untuk gedung, dan lain sebagainya.

Jangan mudah terpesona dengan apa yang ditampilkan di Instagram atau website mereka. Bisa saja, portofolio mereka itu tidak memperlihatkan hasil yang sesungguhnya karena telah melewati proses edit gambar. Untuk melihat karya nyatanya, kamu bisa meminta jadwal pemasangan yang dia miliki dan melihat langsung hasil dekorasi yang dikerjakan.

  1. Pilih sesuai dengan budget

Setelah cocok dengan hasil dekorasi vendor yang kamu pilih, pastikan vendor mengetahui budget yang sudah kamu siapkan. Kalaupun budget yang kamu miliki tidak mencukupi, setidaknya vendor akan memberikan solusi agar tetap bisa mewujudkan hari pernikahan impian kamu. Jangan takut untuk bernegosiasi!

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

Leave a Comment