Pelaksanaan pernikahan di masa pandemi memang tidak bisa dihindari. Berbagai usaha dilakukan agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas, salah satunya dengan penerapan protokol kesahatan pada acara pernikahan. Beberapa pasangan juga ada yang lebih memilih membatalkan acara pernikahan demi mewujudkan pesta pernikahan yang mereka impikan.

Persiapan pernikahan yang biasanya dilakukan jauh-jauh hari, namun saat pandemi melanda pergerakan keluar rumah pun terbatas sehingga persiapan yang dilakukan jadi kurang maksimal. Calon pengantin kurang leluasa untuk berburu undangan, souvenir, atau bahkan seragam keluarga. Semua ini dilakukan agar masa pandemi ini segera berakhir.

Banyak konsep pernikahan yang ditawarkan selama masa pandemi ini, salah satunya adalah “Virtual Wedding”. Calon pengantin tetap bisa melangsungkan pernikahan sesuai protokol, dan mereka tetap bisa mengundang tamu lewat platform pertemuan daring. Prosesi pernikahan bisa diikuti semua tamu undangan lewat jarak jauh, dan pastinya hal ini sangat aman dilakukan karena para tamu tidak perlu hadir ke tempat acara.

Sebagian pengantin yang ingin tetap melaksanakan prosesi pernikahan juga tetap bisa dilakukan asalkan memenuhi protokol kesehatan. Calon pengantin bisa memilih tema ‘Intimate Wedding’ dengan konsep outdoor yang minim undangan demi menjaga sakralnya pernikahan. Aturan 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker harus dipatuhi baik dari pihak mempelai ataupun tamu undangan. Tak hanya itu, para tamu juga hanya diizinkan masuk bergiliran ke tempat resepsi.

Untuk kamu yang benar-benar akan melaksanakan pernikahan dimasa pandemi ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mempersiapkan pernikahan:

  1. Memastikan gaya hidup sehat

Pernikahan pasti menguras banyak tenaga dan pikiran. Jaga pola makan sebaik mungkin dan beristirahat cukup agar tidak mudah sakit. Karena jika sakit melanda, maka kemungkinan kamu terjangkit virus jadi lebih besar.

  1. Beraktivitas melalui telepon dan internet

Dengan adanya teknologi canggih, kamu bisa mencari apa saja di internet. Kamu bisa mencari berbagai macam rekomendasi vendor dan barang yang diperlukan saat pernikahan di internet. Tak perlu ragu untuk menghubungi klien vendor tersebut untuk mendapat review eksklusif dan terpercaya. Kamu juga bisa telepon atau video call dengan vendor untuk mengurangi frekuensi bertatap muka langsung.

  1. Lakukan rapat online

Komunikasi online adalah solusi untuk kamu yang tidak bisa bertatap muka langsung. Unduh aplikasi conference video call untuk melakukan rapat online dengan orang-orang yang berpengaruh terhadap kelangsungan acara pernikahan kamu.

  1. Penuhi aturan 3M

Calon pengantin yang harus terpaksa keluar untuk mempersiapkan acara pernikahan, tetap ikuti aturan 3M dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Jika tidak benar-benar urgent alangkah baiknya dilakukan dari telepon atau internet.

Oleh:

Amanatur Rohmaniyah

Leave a Comment